CV. UKABE INDONESIA

Produsen Mesin Berkualitas

Pelatihan Pupuk Organik di Kabupaten Jepara PDF Cetak Surel

Pelatihan Appo di Desa BanyuputihBeberapa hari yang lalu, tepatnya tanggal 26 – 27 April 2011, Disbun Jateng bekerja sama dengan Disbun Kabupaten Jepara dan CV. Mitra Usaha Karya mandiri (Mitra UKM) melakukan sosialisasi dan pelatihan pembuatan pupuk organik. Acara pelatihan diikuti oleh para petani tebu di dua  desa, yaitu Desa Gemulung, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara dan Desa Banyuputih, Kecamatan Kalinyamatan, Kabupaten Jepara.

Dalam  acara ini, Disbun Jateng menjelaskan pentingnya pemakaian pupuk organik dalam pertanian. Sebagaimana diketahui, petani terbiasa menggunakan pupuk anorganik (buatan pabrik) untuk memupuk tanamannya. Hal ini berakibat struktur tanah lama kelamaan menjadi padat dan berkurang unsur haranya.

 

Selama ini daun tebu kering belum dimanfaatkan oleh petani. Petani hanya membakar daun tebu yang telah mengering. Padahal daun tebu tersebut dapat diolah menjadi pupuk organik yang bisa digunakan untuk memupuk tanaman tebu itu sendiri, sehingga beban petani untuk membeli pupuk akan berkurang.

Peserta pelatihan tampak antusias mengikuti acara tersebut. Karena disamping mendapat pelatihan tentang pengolahan pupuk organik, para petani juga memperoleh informasi lain yang berkaitan dengan penanaman tebu, serta informasi mengenai penjualan tebu.

Di penghujung acara, dilakukan praktik pembuatan pupuk organik. Pertama kali adalah melakukan pencacahan daun tebu kering yang telah disediakan oleh petani menggunakan Mesin Appo (alat pengolah pupuk organik) yang disediakan oleh CV. Mitra UKM. Hasil cacahan tersebut kemudian dicampur dengan fermentan (EM4) dan kotoran ternak secara merata. Setelah itu, campuran tersebut ditutup agar terlindung dari air hujan serta udara luar (penutup biasanya menggunakan terpal) dan dibiarkan selama 3 – 4 minggu. Pembuatan pupuk akan berhasil ditandai dengan bau pupuk yang segar (seperti bau tape) dan teksturnya yang kering (tidak lembek).

Agar petani memahami pengoperasian mesin Appo dengan baik, Ir. Hary martono selaku Direktur CV. Mitra UKM, yang mengawal langsung jalannya pelatihan, menjelaskan secara detil bagaimana cara kerja mesin tersebut. Mulai dari memasukkan bahan baku (daun tebu kering, bisa juga menggunakan bahan organik lain seperti jerami, rumput gajah, dll), sampai bagian dalam mesin juga dijelaskan. Hal ini dilakukan agar petani petani mempunyai pemahaman  yang lengkap mengenai mesin Appo.

 Pelatihan Appo di Desa GemulungPenjelasan Prinsip Kerja Mesin Appo

 

 

 

 

HTML

Kantor

CV. UKABE INDONESIA

Megawon Indah

Jl. Flamboyan Blok D53 - D54

Megawon - Kudus

Jawa Tengah - Indonesia

Telp / Fax  :0291 - 4249411

Email : ukabeindonesia@gmail.com

You are here  : Home Berita Pelatihan Pupuk Organik di Kabupaten Jepara